JEPARA – Bupati Jepara H.Witiarso Utomo menegaskan bahwa pemberitaan dan promosi pariwisata harus memiliki dampak nyata bagi masyarakat. Informasi mengenai wisata Jepara perlu disampaikan dengan cara yang menarik, mudah diakses, dan dapat menjangkau khalayak luas, khususnya generasi muda.
Hal tersebut disampaikan dirinya saat menerima silaturahmi dari Direktur Jawa Pos Radar Kudus, Baehaqi beserta rombongan, pada Rabu (5/3/2025) di Peringgitan Pendopo R.A. Kartini Jepara. Turut mendampingi Asisten I Sekda Jepara Ratib Zaini, Asisten II Sekda Jepara Heri Yulianto, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Arif Darmawan dan Kabag Prokopim Setda Jepara Yeny Yahya.
“Kami ingin memastikan bahwa informasi tentang Jepara dapat menjangkau masyarakat luas dengan konsep yang lebih segar dan tidak membosankan, fokus utama kami adalah mempromosikan program kerja secara efektif sehingga Jepara semakin dikenal dan menarik minat wisatawan serta investor,” ujar Mas Bupati Wiwit, sapaan karib H. Witiarso Utomo.
Salah satu strategi utama dalam memperkuat branding Jepara menurut Mas Wiwit adalah melalui media sosial seperti YouTube, Instagram, TikTok dan platform lainnya. Dengan semakin banyak orang yang melihat potensi wisata dan program pembangunan daerah melalui media sosial, diharapkan akan ada peningkatan kunjungan wisata.
Selain mempromosikan pariwisata, Bupati Jepara juga menekankan pentingnya menggali lebih dalam potensi yang ada di desa-desa agar dapat terangkat ke tingkat yang lebih luas. Dengan begitu, setiap desa memiliki identitas dan daya tarik tersendiri yang dapat dipasarkan kepada wisatawan maupun investor.
Salah satu program unggulan dalam membangun citra Jepara adalah branding Sedekah Bumi setiap desa di Kabupaten Jepara. Dengan memperkenalkan dan memperkuat promosi tradisi ini, diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat sekaligus melestarikan kearifan lokal.
“Jadi mungkin arahnya seperti itu, di samping itu juga membangun citra branding potensi Kabupaten Jepara, salah satunya adalah branding tradisi sedekah bumi,” tambah Bupati Jepara.
Mas Bupati Wiwit juga menekankan pentingnya membangun strategi promosi pariwisata lokal dan mendorong setiap desa untuk mengangkat potensi terbaiknya, dengan hal tersebut, ia yakin Kabupaten Jepara dapat menarik lebih banyak wisatawan.
“Visi dan misi kami adalah menyejahterakan masyarakat dengan cara membangun branding daerah yang kuat dan menarik, dengan marketing yang tepat tentunya Jepara dapat menjadi destinasi unggulan di Indonesia,” tandasnya. (DiskominfoJepara/AR)